LATAR BELAKANG


Program SMA 4 tahun ini diadakan dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih luas kepada masyarakat agar mereka bisa melanjutkan sekolah di jenjang SMA di lembaga pendidikan Ar-Rohmah tahfizh. Selain dari itu, program ini dimaksudkan untuk memberikan bekal santri untuk menghafal Al- Qur’an seoptimal mungkin di tahun pertamanya. Pada tahun pertama belajar, mereka akan focus menyelesaikan target hafalan Al Qur’an sebanyak 30 juz ataupun 10 juz sesuai kemampuan dan kesanggupan masing-masing santri. Pada tahun pertama selama mengikuti program ini, santri tidak terdaftar di sekolah reguler SMA program kemendikbud. Juga tidak ada pembelajaran akademik kemendikbud maupun diniyah yang diberikan, kecuali yang terkait dengan Al-Qur’an, dasar-dasar Bahasa Arab dan adab/akhlak.

PROGRAM BELAJAR TAHUN PERTAMA


Diselenggarakan dalam 2 (dua) semester. Pembagian kelas dibagi menjadi dua, kelas 30 juz (K30) dan kelas 10 juz (K10). Pembagian kelas ini didasarkan atas kemampuan dasar masing-masing santri sesuai hasil tes sebelumnya. Selama 8 bulan pertama, santri ditargetkan untuk menyelesaikan setoran hafalan 30 juz atau 10 juz sesuai kemampuan yang sudah ditargetkan, dan sisanya mereka akan melakukan muraja’ah untuk memantapkan hafalannya.

Simulasi pencapaian hafalan


1. Menyelesaikan setoran hafalan 30 juz ataupun 10 juz dalam 8 bulan.
2. Bagi santri K-30 perbulan menyetorkan hafalan 4 juz, antri K-10 per bulan setor 11/4 juz.
3. Bagi santri K-30 perpekan menyetorkan hafalan 1 juz = 10 lembar = 20 halaman, santri K-10 per pekan menyetorkan hafalan 3 lembar = 6 halaman
4. Bagi santri K-30 perhari menyetorkan hafalan minimal 1,5 lembar = 3 halaman, santri K-10 per hari menyetorkan hafalan minimal 1 halaman
5. Jika santri telah menuntaskan target lebih cepat, maka sisa waktu yang ada dipergunakan untuk muraja’ah

Jadwal kegiatan harian


Secara umum, sama dengan kegiatan harian santri yang lain. Bedanya pada saat santri yang lain mengikuti KBM Diniyah dan kemendikbud, maka santri peserta program ini tidak menerima pelajaran diniyah maupun akademik, namun dipakai untuk menghafal Al-Qur’an dengan didampingi musyrifah/muhafizhah yang ditetapkan. Kegiatan keasramaan didesain khusus untuk mereka, dengan mengutamakan pada program tahfizh. Setelah menyelesaikan program tahun pertama, santri akan masuk/diikutkan kembali ke sistem pendidikan reguler kemendikbud/Diniyah.

PROGRAM BELAJAR TAHUN ke-2, ke-3, ke-4


Pada tahun ke-2 santri program SMA 4 tahun ini akan didaftarkan sebagai santri reguler pendidikan kemendiknas dan diniyah sebagaimana umumnya. Pembelajaran Al-Quran pada tahun ke-2 dan seterusnya fokus kepada muraja’ah hafalan untuk menjaga dan meningkatan itqan-nya. Gambaran besarnya program SMA 4 tahun adalah sebagai berikut:
TAHUN KE-1
• Tahsinul Quran
• Tahfizh 30 atau 10 juz (berdasarkan kemampuan sesuai hasil tes awal)
• Mutqin 10 juz (juz 1-10)
• Dasar-dasar Bahasa Arab
• Aqidah-akhlaq
TAHUN KE-2
• Muroja’ah 30 atau 10 juz
• Muraja’ah me-mutqin-kan hafalan 10 juz (juz 11-20)
• Ulumuddin
• Akademik kemendiknas
TAHUN KE-3
• Muroja’ah 30 juz
• Muraja’ah me-mutqin-kan hafalan 10 juz (juz 21-30)
• Ulumuddin
• Akademik kemendiknas
TAHUN KE-4
• Muroja’ah 30 juz
• Muraja’ah me-mutqin-kan hafalan 30 juz (juz 1-30)
• Akademik kemendiknas
• Persiapan masuk PTN

Keutamaan program SMA 4 tahun


 Santri fokus pada menghafal Al Qur’an, tidak ada beban ulangan harian dan tugas mata pelajaran lain.
 Kesempatan menjadi Hafidz dengan hafalan yang mutqin lebih besar.
 Mendapatkan keutamaan Membaca & Menghafal Al-Quran, Menjadi Ummat Terbaik. (HR Bukhari), Bersama Malaikat yang Mulia lagi Tha’at.(HR Ibnu Majah)